Jumat, 02 September 2016

Kurikukul 2013 SD Pendidikan Agama Buddha









KURIKULUM 2013


Sekolah Dasar



MATA PELAJARAN:
PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI









KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Jakarta, 2013





BAB I
PENDAHULUAN


PENGERTIAN

Struktur kurikulum terdiri atas sejumlah mata pelajaran, beban belajar, dan kalender pendidikan.

STRUKTUR KURIKULUM SD/MADRASAH IBTIDAIYAH

Struktur Kurikulum SD/MI adalah sebagai berikut:


MATA PELAJARAN
ALOKASI WAKTU BELAJAR
PER MINGGU
I
II
III
IV
V
VI
Kelompok A


1.
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
4
4
4
4
4
4
2.
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
5
6
6
4
4
4
3.
Bahasa Indonesia
8
8
10
7
7
7
4.
Matematika
5
6
6
6
6
6
5.
 Ilmu Pengetahuan Alam
-
-
-
3
3
3
6.
 Ilmu Pengetahuan Sosial
-
-
-
3
3
3
Kelompok B
1.
Seni Budaya dan Prakarya
(termasuk muatan lokal)*
4
4
4
6
6
6
2.
Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
(termasuk muatan lokal)
4
4
4
3
3
3
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu
30
32
34
36
36
36

Keterangan:
*Muatan lokal dapat memuat Bahasa Daerah

Kegiatan Ekstra Kurikuler SD/MI antara lain:
-          Pramuka (Wajib)
-          UKS
-          PMR

Kelompok A adalah mata pelajaran yang memberikan orientasi kompetensi lebih kepada aspek kognitif dan afektif sedangkan kelompok B adalah mata pelajaran yang lebih menekankan pada aspek afektif dan psikomotor.

Integrasi Kompetensi Dasar IPA dan IPS didasarkan pada keterdekatan makna dari konten Kompetensi Dasar IPA dan IPS dengan konten Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, serta Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang berlaku untuk kelas I, II, dan III. Sedangkan untuk kelas IV, V dan VI, Kompetensi Dasar IPA dan IPS berdiri sendiri dan kemudian diintegrasikan ke dalam tema-tema yang ada untuk kelas IV, V dan VI.

BEBAN BELAJAR

Beban belajar dinyatakan dalam jam belajar setiap minggu untuk masa belajar selama satu semester. Beban belajar di SD/MI kelas I, II, dan III masing-masing 30, 32, 34 sedangkan untuk kelas IV, V, dan VI masing-masing 36 jam setiap minggu. Jam belajar SD/MI adalah 35 menit.

Dengan adanya tambahan jam belajar ini dan pengurangan jumlah Kompetensi Dasar, guru memiliki keleluasaan waktu untuk mengembangkan proses pembelajaran yang berorientasi siswa aktif. Proses pembelajaran siswa aktif memerlukan waktu yang lebih panjang dari proses pembelajaran penyampaian informasi karena peserta didik perlu latihan untuk mengamati, menanya, mengasosiasi, dan berkomunikasi. Proses pembelajaran yang dikembangkan menghendaki kesabaran guru dalam mendidik peserta didik sehingga mereka menjadi tahu, mampu dan mau belajar dan menerapkan apa yang sudah mereka pelajari di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya. Selain itu bertambahnya jam belajar memungkinkan guru melakukan penilaian proses dan hasil belajar.





BAB II
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR


A.    Kompetensi Inti

Isi Kurikulum 2013 dikembangkan dalam bentuk Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (Kompetensi Dasar). Kompetensi Inti dikembangkan dari Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan merupakan kualitas minimal yang harus dikuasai peserta didik di kelas untuk setiap mata pelajaran. Kompetensi Inti terdiri atas jenjang kompetensi minimal yang harus dikuasai peserta didik di kelas tertentu, isi umum materi pembelajaran, dan ruang lingkup penerapan  kompetensi yang dipelajari.  Jenjang kompetensi dalam KI meningkat untuk kelas-kelas berikutnya, KI tidak memuat konten khusus mata pelajaran tetapi konten umum yaitu fakta, konsep, prosedur,  metakognitif dan kemampuan menerapkan pengetahuan yang terkandung dalam setiap mata pelajaran. Perluasan penerapan kompetensi yang dipelajari dinyatakan dalam KI, dimulai dari lingkungan terdekat sampai ke lingkungan global.Dalam desain Kurikulum 2013, Kompetensi Inti berfungsi sebagai pengikat bagi Kompetensi Dasar. Dalam fungsi sebagai pengikat maka setiap KD yang dikembangkan untuk setiap mata pelajaran di setiap kelas harus mengacu kepada Kompetensi Inti.

Kompetensi Inti terdiri atas empat dimensi yang satu sama lain terkait, terdiri atas sikap beragama, sikap personal dan sosial, pengetahuan, dan penerapan pengetahuan masing disebut sebagai KI 1, KI 2, KI 3 dan KI 4.. Keempat dimensi tersebut harus tercantum dalam pengembangan KD, silabus, dan RPP. Lebih lanjut, keempat dimensi tersebut memiliki posisi yang berbeda dalam proses pembelajaran dimana KI 1 dan KI 2 dikembangkan dalam proses pendidikan di setiap kegiatan di sekolah (kelas dan luar sekolah) dengan pendekatan pembelajaran tidak langsung. Sedangkan KI 3 dan KI 4 dikembangkan oleh masing-masing mata pelajaran dalam pendekatan pembelajaran  langsung. 

KI 3 dirancang berfokus pada pengembangan pengetahuan (faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif) dalam jenjang kemampuan kognitif dari mengingat hingga menciptakan. KI 4  merupakan perencanaan kegiatan belajar untuk menerapkan apa yang dipelajari di KI 3 dalam suatu proses pembelajaran yang terintegrasi atau pun terpisah. Terintegrasi mengandung arti bahwa proses pembelajaran KD 3 dan KD 4 dilakukan pada waktu bersamaan baik di kelas, laboratorium mau pun di luar sekolah. Terpisah mengandung makna bahwa pembelajaran mengenai KD 3 terpisah dalam waktu dan/atau tempat dengan KD 4.Keputusan mengenai pembelajaran terintegrasi atau terpisah ditentukan sepenuhnya dalam silabus dan RPP, berdasarkan pertimbangan mengenai konten Kompetensi Dasar untuk KI 3 dan Kompetensi Dasar untuk KI 4. 
Kompetensi Inti 1 (KI 1) berkenaan dengan sikap dan perilaku beragama. KI 2 berkenaan dengan sikap personal dan sosial. KI 3 berkenaan dengan pengetahuan dan KI 4 adalah penerapan dari pengetahuan yang dipelajari di KI 3. KI 1 dikembangkan menjadi KD 1, KI 2 dikembangkan menjadi KD2, KI 3 menjadi KD3 dan KI 4 menjadi KD4.
Komponen keluasan penerapan minimal dalam KI menjadi pegangan bagi guru ketika mengembangkan RPP dan merealisasi RPP dalam proses pembelajaran di kelas, sekolah, dan masyarakat. Untuk kelas I – III SD/MI penerapan kompetensi yang minimal adalah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru. Di kelas IV – VI, terjadi perluasan dimana penerapan kompetensi tersebut juga pada waktu pergaulan dengan tetangga. Sebagai sesuatu yang minimal maka satu satuan pendidikan tertentu dapat mensyaratkan penerapan kompetensi yang dipelajari peserta didik lebih luas dari yang dinyatakan dalam Kompetensi Inti.

B.     Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar (KD) adalah kompetensi yang terdiri dari jenjang kemampuan kompetensi yang harus dikuasai peserta didik dan isi pelajaran yang dirancang sebagai materi untuk menguasai kompetensi. Kompetensi Dasar setiap mata pelajaran dikembangkan dengan merujuk kepada Kompetensi Kompetensi Inti dan setiap KI memiliki KD yang sesuai. Dengan perkataan lain, KI 1 memiliki KD yang berkenaan dengan pengembangan semangat beragama, KI 2 memiliki KD yang berkenaan dengan pengembangan sikap personal dan sosial, KI 3 memiliki KD yang berkenaan dengan pengembangan pengetahuan dan KI 4 memiliki KD yang berkenaan dengan penerapan pengetahuan yang dikembangkan KD 3.
Sebagaimana halnya dengan Kompetensi Inti, KD 1, 2, 3,dan 4 merupakan suatu kesatuan. Meski pun demikian, sesuai dengan sifat setiap Kompetensi Inti yang dirujuknya, KD 1 tidak memiliki konten spesifik mata pelajaran. Demikian pula halnya dengan KD 2 yang merujuk kepada Kompetensi Inti 2 yaitu sikap personal dan sosial. Kedua KD tersebut dikembangkan melalui pendekatan pembelajaran tidak langsung (indirect teaching)  dalam proses belajar mengenai KD 3 dan KD 4 yang dikembangkan melalui pendekatan proses belajar langsung (direct teaching). Dalam proses belajar tidak langsung tersebut materi pembelajaran KD 3 dan KD 4 menjadi materi yang juga digunakan untuk mengembangkan sikap beragama atau pun sikap personal dan sosial.
KD 3 merujuk ke KI 3 dan berisikan pengetahuan yang perlu dipelajari peserta didik dari suatu mata pelajaran. KD 4 yang merujuk ke KI 4 berisikan penerapan dari pengetahuan yang dinyatakan dalam KD 3. Oleh karena itu keterkaitan antara KD 3 dan KD 4 bersifat garis lurus (linear) dan secara praktis dinyatakan dalam jumlah KD 3 yang sama dengan jumlah KD 4. Dalam hubungan ini KD 3 menjadi penentu isi dan jumlah KD 4.
Satu atau lebih KD 3 dan KD 4 dapat diorganisasikan dalam satu materi pokok. Dengan demikian, satu materi pokok dikembangkan dari KD 3 dan KD 4. Kedua kelompok KD tersebut menjadi satu kesatuan materi pelajaran yang dikembangkan dalam silabus. 

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang dimaksud diatas mulai dari Kelas I sampai dengan Kelas VI sebagaimana terdapat dalam tabel-tabel berikut ini.




KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI

SEKOLAH DASAR (SD)

 

KELAS:I


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1      Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan sehari-hari.
1.2      Meyakini Tuhan Yang Maha Esa (Sanghyang Adi Buddha)

2.     Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1     Memiliki sikap hormat dan salam dalam keluarga, sekolah, dan teman bermain
2.2      Memiliki sikap peduli kepada sesama anggota keluarga, sebagai perwujudan/implementasi dari saudara yang baik
2.3      Memiliki perilaku hormat dan santun kepada orang tua, guru, dan anggota Sangha, sebagai implementasi dari penghormatan (anjali, utthana, dan namaskara).
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1      Mengenali tempat ibadah, rohaniwan, kitab suci, hari raya dan Guru Agung Agama Buddha
3.2     Mengenalpenghormatan, dansimbol-simbol agama Buddha
3.3     MengenalkelahiranPangeranSiddharta.
3.4     Mengenalkanpengembangancintakasih (metta bhavana).

4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1     Mewarnai tempat ibadah, rohaniwan, kitab suci, hari raya dan Guru Agung Agama Buddha
4.2      Mempraktikkan penghomatan.
4.3      Menceriterakan kelahiran Siddharta
4.4      Mempraktikan pengembangan cinta kasih.


KELAS:II


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1         Meneladani sifat-sifat luhur Pangeran Siddharta pada masa kanak-kanak

2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungj awab, santun, peduli, dan percaya  diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1         Memiliki rasa malu berbuat jahat dan takut akibat berbuat jahat sebagai landasan kemoralan.
2.2         Memiliki sikap sopan santun dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1         Memahami  macam-macam peraturan dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat.
3.2         Mengenal kisah kasih sayang, kejujuran, dan persahaban.
3.3         Mengenal cerita masa kanak-kanak Paneran Siddharta.
3.4         Membedakan perbuatan baik dan buruk.

4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia 
4.1         Melaksanakan  macam-macam peraturan dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat.
4.2         Menceriterakan kisah kasih sayang, kejujuran, dan persahaban.
4.3         Menceriterakan masa kanak-kanak Paneran Siddharta.
4.4         Melaksanakan perbuatan baik (contoh berdana, menengok teman sakit dll).

KELAS: III


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1         Menerima dan menghayati makna hari raya agama Buddha.

2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1         Memiliki perilaku yang baik sebagai implementasi diri manfaat pelaksanaan pancasila Buddhis
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1         Memahami manfaat melaksanakan dan akibat melanggar Pancasila Buddhis
3.2         Mengenal sejarah Pangeran Siddharta pada masa bersekolah dan semangat belajar.
3.3         Memahami hari-hari raya agama Buddha.
3.4         Mengenal kewajiban anak terhadap orang tua dan guru.
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1         Mempraktikan latihan Pancasila Buddhis (5 latihan).
4.2         Menceriterakan sejarah Pangeran Siddharta pada masa bersekolah dan semangat belajar.
4.3         Merayakan hari-hari raya agama Buddha.
4.4         Menerapkan kewajiban anak terhadap orang tua dan guru.

KELAS: IV


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1         Membiasakan diri untuk melakukan puja bakti setiap hari
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1         Memiliki perilaku disiplin melaksanakan puja dalam kehidupan sehari-hari.
2.2         Menunjukkan  pertolongan tanpa pamrih dan berterima kasih  kepada orang yang telah memberikan pertolongan
2.3         Mengakui kesalahan, memperbaiki diri, meminta dan memberi maaf.
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1         Memahami  makna, tujuan, dan manfaat melaksanakan puja bakti di Vihara, Cetiya, dan  rumah.
3.2         Mendeskripsikan candi-candi agama Buddha di Indonesia dan candi yang dipergunakan perayaan waisak.
3.3         Memahami masa remaja dan masa berumah tangga Pangeran Siddharta
3.4         Memahamiempat peristiwa dan Pelepasan Agung
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1         Melaksanakan puja bakti di Vihara, Cetiya, dan rumah.
4.2         Membuat gambar candi-candi agama Buddha di Indonesia.
4.3         Menceriterakan kembali peristiwa masa remaja dan masa berumah tangga Pangeran Siddharta
4.4         Menceriterakan empat peristiwa dan pelepasan agung.


KELAS: V


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1         Menerima Hukum Kebenaran yang diajarkan Buddha

2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percayadiri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1         Memiliki sifat kemurahan hati dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud kepedulian sosial

3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1         Memahami hakikat dan perbedaan kehidupan menurut hukum kebenaran
3.2         Memahami cara-cara berdana yang baik dan benar.
3.3         Memahami hukum karma dan kelahiran kembali.
3.4         Memahami masa bertapa dan dan ganguan mara.
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1          Menjajikan secara konseptual perbedaan realita kehidupan menurut hukum kebenaran.
4.2         Mempraktikanberdana paramita dengan cara-cara yang baik dan benar.
4.3         Menyajikan fakta kehidupan sesuai dengan hukum karma dan kelahiran kembali.
4.4         Menceriterakan masa bertapa dan dan ganguan mara.

KELAS: VI


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1      Menerima meditasi dalam kehidupan sehari-hari.
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1     Memiliki perilaku luhur dan disiplin sebagai dasar untuk melatih meditasi
2.2      Memiliki sikap tenang dalam menghadapi persoalan sebagai hasil pelaksanaan meditasi pernafasan dan cinta kasih
3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1     Memahami kisah perumpamaan tentang kisah “Rumah Terbakar, “Kembalinya Anak yang Hilang” dan Orang yang Luka Terkena Panah Beracun
3.2     Memahami keajaiban-keajaiban saat Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna
3.3     Memahami cara meditasi pernafasan dan cinta kasih.
3.4     Memahami  tujuan akhir umat Buddha.


4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1     Menceritakan kisah perumpamaan tentang kisah “Rumah Terbakar, “Kembalinya Anak yang Hilang” dan Orang yang Luka Terkena Panah Beracun.
4.2     Menceritakan keajaiban-keajaiban saat Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna
4.3     Melaksanakan meditasi pernafasan dan cinta kasih
4.4     Menyajikan fakta contoh orang yang berperilaku untuk mencapai tujuan akhir.



BAB III
SILABUS



Silabus adalah rencana pembelajaran untuk satu matapelajaran di kelas tertentu untuk menjabarkan beberapa materi pokok atau tema tertentu. Silabus memuat komponen-komponen sebagai berikut:

Bagian 1 : Identitas
a.       Satuan Pendidikan
b.      Kelas/Semester
c.       Kompetensi Inti
Bagian 2 : Tabel silabus
a.       Kompetensi Dasar
b.      Materi Pokok
c.       Pembelajaran
d.      Penilaian
e.       Alokasi waktu
f.       Sumber belajar

Adapun silabus untuk matapelajaran Pendidikan Agama Buddha untuk SD  adalah sebagai berikut:




SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI SD

Satuan Pendidikan         :   SD

Kelas                           :  I (Satu)

Kompetensi Inti             : 
KI 1
:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
1.1.  Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan sehari-hari.





1.2.  Meyakini  Tuhan Yang Mahaesa (Sanghyang Adi Buddha)
2.1.  Memiliki  sikap hormat dan salam dalam keluarga, sekolah, dan teman bermain
2.2.  Memiliki sikap peduli kepada sesama anggota keluarga, sebagai perwujudan/ implementasi dari saudara yang baik
2.3.  Memiliki perilaku hormat dan santun kepada orang tua, guru, dan anggota Sangha, sebagai implementasi dari penghormatan (anjali, utthana, dan namaskara)

3.1    Mengenali tempat ibadah, rohaniwan, kitab suci, hari raya dan Guru Agung Agama Buddha

4.1.  Mewarnai tempat ibadah, rohaniwan, kitab suci, hari raya dan Guru Agung Agama Buddha


Judul Materi Pokok:
·       Identitas Agama Buddha
.
Mengamati
·      Membaca berbagai sumber tentang Identitas l agama Buddha
·      Menyimak gambar-gambar atau media lain tentang: tempat ibadah, rohaniwan, kitab suci, dan identitas agama Buddha lainnya
Menanya
·      Bertanya sesuatu tentang hal-hal yang kurang jelas/tidak dipahami untuk mendapatkan klarifikasi tentang Identitas  agama Buddha

Mengeksperimen/mengekplorasikan
·      Mengumpul data lanjutan terkait  Identitas agama Buddha
·      Mewarnai gambar identitas agama Buddha

Mengasosiasi
·      Menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang Identitas agama Buddha.
Mengkomunikasikan
·      Hasil analisis dalam bentuk tulisan atau bentuk lain tentang Identitas agama Buddha
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan.

Portofolio: menilai laporan peserta didik tentang tentang Identitas agama Buddha

Tes: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang Identitas agama Buddha
8 x 4 jp








·   Buku Teks Agama Buddha Kelas I
·   Buku Menjadi Umat Buddha
·   Gambar, dll
·   Internet (Jika tersedia)







Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
3.2    Mengenal penghormatan, dan simbol-simbol agama Buddha

4.2.  Mempraktikkan penghomatan



Judul Materi Pokok:
·       Penghormatan dan simbol-simbol agama Buddha

Mengamati
·      Membaca berbagai sumber tentang penghormatan dan simbol-simbol agama Buddha; kelahiran
·      Menyimak gambar-gambar simbol-simbol Agama Buddha
Menanya
·      Bertanya sesuatu untuk mendapatkan klarifikasi tentang penghormatan dan simbol-simbol agama Buddha

Mengeksperimen/mengekplorasikan
·      Mengumpul data lanjutan terkait  penghormatan dan simbol-simbol agama Buddha
·      Mewarnai simbol-simbol agama Buddha
·      Memperagakan sikap-sikap penghoratan sesuai agama Buddha

Mengasosiasi
·      Menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang penghormatan dan simbol-simbol agama Buddha
Mengkomunikasikan
·      Hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang penghormatan dan simbol-simbol agama Buddha
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan.
Portofolio: menilai laporan peserta didik tentang tentang penghormatan dan simbol-simbol agama Buddha
Tes: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang penghormatan dan simbol-simbol agama Buddha.
10 x 4 jp










·   Buku Teks Agama Buddha Kelas I
·   Buku Menjadi Umat Buddha
·   Gambar
·   Internet


3.3.  Mengenal kelahiran Pangeran Siddharta

4.3.  Menceriterakan kelahiran Siddharta


Judul Materi Pokok:
·      Kelahiran Pangeran Siddharta

Mengamati
·      Mengamati melalui berbagai sumber/media tentang sejarah kelahiran Pangeran Siddharta

Menanya
·      Bertanya tentang hal-hal yang belum jelas untuk mendapatkan klarifikasi tentang kelahiran Pangeran Siddharta

Mengeksperimen/mengekplorasikan
·      Mengumpul data lanjutan terkait  kelahiran Pangeran Siddharta
·      Mewarnai gambar dan menceritakan gambar kelahiran Pangeran Siddharta
Mengasosiasi
·      Menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang kelahiran Pangeran Siddharta
Mengkomunikasikan
·      Hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang; Kelahiran Pangeran Siddharta.
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan.

Portofolio: menilai laporan peserta didik tentang tentang kelahiran Pangeran Siddharta

Tes: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang kelahiran Pangeran Siddharta
9 x 4 jp






·   Buku Teks Agama Buddha Kelas I
·   Riwayat Hidup Buddha Gotama
·   Gambar
·   Internet



Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
3.4.  Mengenalkan pengembangan cinta kasih (metta bhavana)

4.4.  Mempraktikan pengembangan cinta kasih


Judul Materi Pokok:
·       Pengembangan cinta kasih
Mengamati
·      Melihat gambar orang yang sedang mellaksanakan meditasi pengembangan cinta kasih
Menanya
·      Mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami untuk mendapatkan klarifikasi tentang pengembangan cinta kasih
Mengeksperimen/mengekplorasikan
·      Mengumpul data lanjutan terkait  pengembangan cinta kasih.
·      Mewarnai gambar orang yang sedang bermeditasi

Mengasosiasi
·      Menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang pengembangan cinta kasih
Mengkomunikasikan
·      Hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang pengembangan cinta kasih.


Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan.

Portofolio: menilai laporan peserta didik tentang tentang pengembangan cinta kasih.
Tess: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang pengembangan cinta kasih
9 x 4 jp






·   Buku Teks Agama Buddha Kelas I
·   Buku Metta Bhavana
·   Internet






SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI SD

Satuan Pendidikan         :   SD

Kelas                           :  II (Dua)

Kompetensi Inti             : 
KI 1
:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
1.1.      Meneladani sifat-sifat luhur Pangeran Siddharta pada masa kanak-kanak.






2.1.      Memiliki rasa malu berbuat jahat dan takut akibat berbuat jahat sebagai landasan kemoralan.
2.2.     Memiliki sikap sopan santun dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat.
3.1.      Memahami  macam-macam peraturan dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat.

4.1.    Melaksanakan  macam-macam peraturan dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat.




Judul Materi Pokok:
·   Macam-macam peraturan
.
Mengamati
·      Membaca buku tentang bermacam-macam peraturan
·      Memperhatikan gambar tentang akibat buruk melanggar peraturan

Menanya
·      Mempertanyakan hal-hal yang belum jelas atau belum dipahamii untuk mendapatkan klarifikasi tentang bermacam-macam peraturan
Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·      Membuat kliping gambar-gambar terkait dengan bermacam-macam peraturan;

Mengasosiasi
·      Mengasosiasi dengan menganalisa informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang bermacam-macam peraturan

Mengkomunikasikan
·      Menganalisis dalam bentuk tulisan, dan lain-lain tentang bermacam-macam peraturan

Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan.

Portofolio: menilai laporan peserta didik tentang tentang  macam-macam peraturan

Tes: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang macam-macam peraturan
8 x 4 jp








·   Buku Teks PAB Kelas II
·   Lingkungan sekitar
·   Internet




Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar

3.2.      Mengenal kisah kasih sayang, kejujuran, dan persahaban.

4.2.    Menceriterakan kisah kasih sayang, kejujuran, dan persahaban.




Judul Materi Pokok:
·   Kisah kasih sayang, kejujuran dan, persahabatan.
.
Mengamati
·      Megamati melalui membaca berbagai sumber tentang kisah kasih sayang, kejujuran dan, persahabatan

Menanya
·      Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang kisah kasih sayang, kejujuran dan, persahabatan

Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·      Bercerita tentang kisah-kisah Jataka tentang -kasih sayang, kejujuran dan, persahabatan

Mengasosiasi
·      Menghubungkan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang kisah kasih sayang, kejujuran dan, persahabatan

Mengkomunikasikan
·      Menganalisis dalam bentuk tulisan tentang kisah kasih sayang, kejujuran dan, persahabatan
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan.

Portofolio: menilai laporan peserta didik tentang tentang kisah persahabatan, kejujuran,  kasih sayang
Tes: menilai kemampuan peserta didik dalam meng-analisis dan mengidentifikasikan tentang tentang kisah persahabatan, kejujuran,  kasih sayang

10 x 4 jp






·   Buku Teks PAB Kelas II
·   Kisah Tiga Sahabat
·   Cerita Kasiha Sayang Bodhisattva Gajah
·   Cerita Buddha Menyelamat kan Anak Domba yang Pincang
·   Internet

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran

Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar

3.3.      Mengenal cerita masa kanak-kanak Pangeran Siddharta

4.3.    Menceriterakan masa kanak-kanak Paneran Siddharta



Judul Materi Pokok:
·   Masa kanak-kanak Pangeran Siddharta

Mengamati
·      Menyimak cerita tentang masa kanak-kanak Pangeran Siddharta

Menanya
·      Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang masa kanak-kanak Pangeran Siddharta .

Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·      Bercerita tentang kisah masa kanak-kanak Pangeran Siddharta

Mengasosiasi
·      Mengasosiasi dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang masa kanak-kanak Pangeran Siddharta ,

Mengkomunikasikan
·      Menganalisis dalam bentuk tulisan/lisan tentang masa kanak-kanak Pangeran Siddharta

Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan.

Portofolio: menilai laporan peserta didik tentang tentang kisah masa kanak-kanak Pangeran Siddharta

Tes: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang masa kanak-kanak Pangeran Siddharta
8 x 4 jp








·   Buku Teks PAB Kelas II
·   Kronologi Hidup Buddha
·   Jataka
·   Internet




Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran


Penilaian

Alokasi Waktu
Sumber
Belajar

3.4.      Membedakan perbuatan baik dan buruk

4.4.    Melaksanakan perbuatan baik (contoh berdana, menengok teman sakit dll)


Judul Materi Pokok:
·   Perbutan baik dan buruk
Mengamati
·      Mengamati melalui membaca berbagai sumber tentang perbutan baik dan buruk.
·      Memperhatikan gambar orang yang sedang melakukan perbuatan baik

Menanya
·      Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang perbutan baik dan buruk.

Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·      Membuat kliping terkait dengan bermacam-macam perbuatan
·      Membut daftar perbuatan baik dan perbuatan buruk
Mengasosiasi
·      Mengasosiasi dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang perbutan baik dan buruk
Mengkomunikasikan
·      Menganalisis dalam bentuk tulisan tentang bermacam-macam perbutan baik dan buruk
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan.

Portofolio: menilai laporan peserta didik tentang tentang Perbuatan baik dan buruk

Tes: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang tentang Perbuatan baik dan buruk

8 x 4 jp
·   Buku Teks PAB Kelas II
·   Jataka
·   Lingkungan
·   Internet




SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI SD


Satuan Pendidikan         :   SD

Kelas                           :  III (Tiga)

Kompetensi Inti             : 
KI 1
:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi
Dasar

Materi Pokok

Pembelajaran

Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
1.1. Menerima dan menghayati makna hari raya agama Buddha





2.1.  Memiliki perilaku yang baik sebagai implementasi diri manfaat pelaksanaan pancasila Buddhis .
3.1.  Memahami  manfaat melaksanakan dan akibat melanggar Pancasila Buddhis

4.1.  Mempraktikan latihan Pancasila Buddhis (5 latihan).



Judul Materi Pokok:
·      Manfaat melaksanakan dan akibat pelanggaran  Pancasila Buddhis

Mengamati
·      Membaca berbagai sumber tentang Pancasila Buddhis
·      Mendengarkan lagu-lagu buddhis tentang Pancasila Buddhis
Menanya
·       Mempertanyakan hal-hal yang tidak dimengerti untuk mendapatkan klarifikasi tentang Pancasila Buddhis

Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·       Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan manfaat melaksanakan dan akibat melanggar Pancasila Buddhis
·       Menyanyikan lagu-lagu Buddhis: Pancasila

Mengasosiasi
·      Mengasosiasi dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang manfaat melaksanakan dan akibat melanggar Pancasila Buddhis

Mengkomunikasikan
·       Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan/lisan tentang Pancasila Buddhis
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan.


Portofolio: menilai laporan peserta didik tentang tentang manfaat melaksanakan dan akibat melanggar Pancasila Buddhis

Tes Tertulis/Lisan: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang tentang manfaat melaksanakan dan akibat melanggar Pancasila Buddhis

8 x 4 jp







·   Buku teks PAB kelas III
·   Pancasila dan Pancadhamma
·   Internet (jika tersedia)





Kompetensi
Dasar

Materi Pokok

Pembelajaran


Penilaian

Alokasi Waktu
Sumber
Belajar

3.2.  Mengenal sejarah Pangeran Siddharta pada masa bersekolah dan semangat belajar

4.2.  Menceriterakan sejarah Pangeran Siddharta pada masa bersekolah dan semangat belajar



Judul Materi Pokok:
·      Masa bersekolah Pangeran Sidharta


Mengamati
·      Menyimak cerita tentang masa bersekolah Pangeran Siddharta

Menanya
·       Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang masa bersekolah Pangeran Siddharta

Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·       Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan masa bersekolah Pangeran Siddharta

Mengasosiasi
·      Menghubungkan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang masa bersekolah Pangeran Siddharta

Mengkomunikasikan
·       Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan/lisan tentang masa bersekolah Pangeran Siddharta
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan.

Portofolio: menilai laporan peserta didik tentang tentang masa bersekolah Pangeran Siddharta,
Tes:
menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang tentang  masa bersekolah Pangeran Siddharta

8  x 4 jp








·   Buku teks PAB kelas III
·   Kronologi Hidup Buddha
·   Riwayat Agung Para Buddha

Kompetensi
Dasar

Materi Pokok

Pembelajaran


Penilaian

Alokasi Waktu
Sumber
Belajar

3.3.  Memahami hari-hari raya agama Buddha

4.3.  Merayakan hari-hari raya agama Buddha



Judul Materi Pokok:
·      Hari raya agama Buddha

Mengamati
·      Melihat tayangan peringatan hari raya agama Buddha
·      Mendengarkan lagu-lagu buddhis tentang hari raya agama Buddha
Menanya
·       Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang hari raya agama Buddha

Mengeksperimen/mengekplorasikan
·       Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan hari raya agama Buddha
·       Menyanyikan lagu-lagu Buddhis tentang hari raya agama Buddha
·       Berkreativitas membuat ucapan selamat hari raya

Mengasosiasi
·      Menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang hari raya agama Buddha

Mengkomunikasikan
·       Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan/lisan tentang hari raya agama Buddha
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan.

Portofolio: menilai laporan peserta didik tentang tentang hari raya agama Buddha

Tes:
menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang tentang hari raya agama Buddha

10 x 4 jp






·   Buku teks PAB kelas III
·   Riwayat Agung Para Buddha
·   Buku Wacana Buddha Dharma
·   Vijja Dhamma
·   inetrnet
Kompetensi
Dasar

Materi Pokok

Pembelajaran


Penilaian

Alokasi Waktu
Sumber
Belajar

3.4.  Mengenal kewajiban anak terhadap orang tua dan guru

4.4.  Menerapkan kewajiban anak terhadap orang tua dan guru


Judul Materi Pokok:
·      Kewajiban terhadap orang tua dan  guru

Mengamati
·      Mengamati melalui membaca berbagai sumber tentang kewajiban terhadap orang tua dan  guru

Menanya
·       Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang Kewajiban terhadap orang tua dan  guru

Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·       Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan kewajiban terhadap orang tua dan  guru
·       Menyanyikan lagu-lagu Buddhis tentang sesuai kajian yang dibahas

Mengasosiasi
·      Mengasosiasi dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang kewajiban terhadap orang tua dan  guru

Mengkomunikasikan
·       Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan/lisan/praktik tentang kewajiban terhadap orang tua dan  guru
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan.

Portofolio: menilai laporan peserta didik tentang tentang kewajiban terhadap orang tua dan  guru

Tes:
menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang tentang kewajiban terhadap orang tua dan  guru

8 x 4 jp
·   Buku teks PAB kelas III
·   Buku Wacana Buddha Dharma
·   Lagu ”Ibuku
·   Sigalovada Sutta
·   Internet

SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI SD



Satuan Pendidikan         :   SD

Kelas                           :  IV (Empat)

Kompetensi Inti             : 
KI 1
:
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
1.1.      Membiasakan diri untuk melakukan puja bakti setiap hari





2.1.      Memiliki perilaku disiplin melaksanakan puja dalam kehidupan sehari-hari.
2.2.    Menunjukkan pertolongan tanpa pamrih dan berterima kasih kepada orang yang telah memberi pertolongan
2.3.     Mengakui kesalahan, memperbaiki diri, meminta dan memberi maaf
3.1    Memahami  makna, tujuan, dan manfaat melaksanakan puja bakti di Vihara, Cetiya, dan  rumah

4.1.  Melaksanakan puja bakti di Vihara, Cetiya, dan rumah.

Judul Materi Pokok:
·  Puja bakti dan sarananya 

Mengamati
·      Mengamati melalui membaca berbagi sumber tentang puja bakti dalam agama Buddha
·      Memperhatikan gambar  umat Buddha yang sedang melaksanakan puja bakti
Menanya
·      Bertanya dan berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang puja bakti dalam agama Buddha
Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·      Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan puja bakti
·      Bernyanyi lagu buddhis yang terkait dengan puja bakti

Mengasosiasi
·      Menganalisa informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang puja bakti dan sarananya dalam agama Buddha

Mengkomunikasikan
·      Menyampaikan analisis dalam bentuk tulisan/praktk tentang puja bakti dalam agama Buddha

Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan.

Portofolio: menilai laporan peserta didik tentang puja bakti

Tes:
menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang puja bakti dan sarananya

9 x 4 jp



·   Buku teks PAB kelas IV
·   Buku Paritta Suci
·   Internet
·   Lingkungan






Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
3.2    Mendeskripsikan candi-candi agama Buddha di Indonesia dan candi yang dipergunakan perayaan waisak.

4.2.  Membuat gambar candi-candi agama Buddha di Indonesia.

Judul Materi Pokok:
·  Candi agama Buddha di Indonesia

Mengamati
·      Mengamati melalui membaca berbagi sumber tentang candi agama Buddha di Indonesia
·      Memperhatikan gambar  tentang candi agama Buddha di Indonesia
Menanya
·      Bertanya dan berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang candi agama Buddha di Indonesia

Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·      Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan candi agama Buddha di Indonesia
·      Mewarnai/menggambar terkait dengan candi agama Buddha di Indonesia

Mengasosiasi
·      Mengasosiasi dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang candi agama Buddha di Indonesia
Mengkomunikasikan
·      Menyampaikan analisis dalam bentuk tulisan tentang candi agama Buddha di Indonesia
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan.

Portofolio: menilai laporan peserta didik tentang candi agama Buddha di Indonesia

Tes:
menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang candi agama Buddha di Indonesia

9 x 4 jp








·   Buku teks PAB kelas IV
·   Film tentang candi-candi agama Buddha di Indonesia
·   Lingkungan



Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
3.3.  Memahami masa remaja dan masa berumah tangga Pangeran Siddharta

4.3.  Menceriterakan kembali peristiwa masa remaja dan masa berumah tangga Pangeran Siddharta

Judul Materi Pokok:
Masa remaja dan berumah tangga Pangeran Siddharta
Mengamati
·      Mengamati melalui membaca berbagi sumber tentang masa remaja dan berumah tangga
·      Memperhatikan gambar  tentang masa remaja dan berumah tangga

Menanya
·      Bertanya dan berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang masa remaja dan berumah tangga

Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·      Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan masa remaja dan berumah tangga
·      Bercerita tentang Pelepasan Agung Pangeran Siddharta
Mengasosiasi
·      Mengasosiasi dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang masa remaja dan berumah tangga

Mengkomunikasikan
·      Menyampaikan analisis dalam bentuk tulisan tentang masa remaja dan berumah tangga
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan.

Portofolio: menilai laporan peserta didik tentang masa remaja dan berumah tangga

Tes:
menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang masa remaja dan berumah tangga

8 x 4 jp







·   Buku teks PAB kelas IV
·   Kronologi Hidup Buddha
·   Riwayat Agung Para Buddha

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
3.4.  Memahami empat peristiwa dan Pelepasan Agung
.
4.4.  Menceriterakan empat peristiwa dan Pelepasan Agung.

Judul Materi Pokok:
·  Melihat empat peristiwa dan Pelepasan Agung Pangeran Siddharta


Mengamati
·      Mengamati/melihat  melalui berbagai sumberr tentang melihat empat peristiwa, dan pelepasan Agung Pangeran Siddharta

Menanya
·      Bertanya dan berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang empat peristiwa dan Pelepasan Agung Pangeran Siddharta

Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·      Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan empat peristiwa dan Pelepasan Agung Pangeran Siddharta

Mengasosiasi
·      Menganalisa informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang empat peristiwa dan Pelepasan Agung Pangeran Siddharta

Mengkomunikasikan
·      Menyampaikan analisis dalam bentuk tulisan/lisan/bentuk lainnya tentang empat peristiwa, dan Pelepasan Agung Pangeran Siddharta
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan.

Portofolio: menilai laporan peserta didik tentang empat peristiwa dan Pelepasan Agung Pangeran Siddharta

Tes:
menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang empat peristiwa, dan Pelepasan Agung Pangeran Siddharta

9 x 4 jp

·   Buku teks PAB Kelas IV
·   Kronologi Hidup Buddha
·   Riwayat Agung Para Buddha
·   Gambar empat peristiwa yang dilihat Pangeran Siddharta
·   Internet
SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI SD

Satuan Pendidikan         :   SD

Kelas                           :  V (Lima)

Kompetensi Inti             : 
KI 1
:
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
1.1.   Menerima Hukum Kebenaran yang diajarkan Buddha





2.1.  Memiliki sifat kemurahan hati dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud kepedulian sosial
3.1.  Memahami hakikat dan perbedaan kehidupan menurut hukum kebenaran

4.1.  Menyajikan secara konseptual perbedaan realita kehidupan menurut hukum kebenaran


Judul Materi Pokok:
Hakikat kehidupan menurut Hukum kebenaran

Mengamati
·      Memperhatikan tampilan gambar dari berbagai sumber media tentang hakikat dan perbedaan kehidupan menurut  Hukum Kebenaran

Menanya
·      Mempertanyakan untuk mendapatkan klarifikasi tentang hakikat dan perbedaan menurut Hukum Kebenaran

Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·      Mengumpulkan data atau informasi  lanjutan terkait dengan hakikat dan perbedaan kehidupan menurut Hukum Kebenaran
·      Membuat daftar perbedaan hukum yang dibuat manusia dengan Hukum Kebenaran

Mengasosiasi
·   Menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang hakikat dan perbedaan sesuai Hukum Kebenaran
·   Mencari hubungan antara perbedaan-perbedaan kehidupan manusia dengan sebab-sebab yang sesuai

Mengkomunikasikan
·      Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan atau bentuk lain tentang hakikat dan perbedaan kehidupan sesuai dengan Hukum Kebenaran


Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan


Portofolio: menilai laporan peserta didik tentang hakikat dan perbedaan kehidupan sesuai Hukum Kebenaran

Tes Tertulis: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang hakikat dan perbedaan kehidupan menurut Hukum Kebenaran
8 x 4 jp




·   Buku teks PAB kelas V
·   Buku Wacana Buddha Dharma
·   Intisari Ajaran Buddha






Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu
Sumber
Belajar

3.2.  Memahami hukum karma dan kelahiran kembali

4.2.  Menyajikan fakta kehidupan sesuai dengan hukum karma dan kelahiran kembali



Judul Materi Pokok:
Hukum Karma dan Kelahiran kembali
Mengamati
·      Mengamati melalui berbagai sumber: membaca buku, tampilan gambar dan  media lainnya  tentang Hukum Kar dan Hukum Kelahiran Kembali

Menanya
·      Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang Hukum Karma dan Hukum Kelahiran Kembali

Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·      Mengumpulkan data dan informasi lanjutan terkait dengan Hukum Karma dan Hukum Kelahiran Kembali
·      Mempraktikan cara-cara berdana
Mengasosiasi
·   Menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang Hukum Karma dan Hukum Kelahiran Kembali

Mengkomunikasikan
·      Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang Hukum Karma dan Hukum Kelahiran Kembali
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan

Portofolio: menilai laporan peserta didik tentang Hukum Karma dan Hukum Kelahiran Kembali

Tes Tertulis: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang Hukum Karma dan Hukum Kelahiran Kembali

10 x 4 jp










·   Buku teks PAB kelas V
·   Buku Wacana Buddha Dharma
·   Intisari Ajaran Buddha
·   Internet



Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu
Sumber
Belajar

3.3.  Memahami cara-cara berdana yang baik dan benar

4.3.  Mempraktikan berdana paramita dengan cara-cara yang baik dan benar



·   Cara-cara berdana

Mengamati
·      Memperhatikan tampilan gambar dari berbagai sumber media tentang cara-cara berdana sesuai dengan ajaran Buddha

Menanya
·      Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang cara-cara berdana

Mengeksperimen/mengekplorasikan
·      Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan cara-cara berdana
·      Mempraktikan cara-cara berdana yang benar

Mengasosiasi
·   Menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang cara-cara berdana

Mengkomunikasikan
·      Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang  cara-cara berdana

Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan.

Portofolio: menilai laporan peserta didik tentang cara-cara berdana

Tes: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang cara-cara berdana yang baik dan benar sesuai dengan ajaran Buddha

10 x 4 jp









·   Buku teks PAB kelas V
·   Buku Wacana Buddha Dharma
·   Buku Berdana
·   Internet


Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu
Sumber
Belajar

3.4.  Memahami masa bertapa dan ganguan mara

4.4.  Menceriterakan masa bertapa dan dan ganguan mara


Judul Materi Pokok:
Masa bertapa dan gangguan mara

Mengamati
·      Mengamati  melalui membaca/melihat/menyimak dari berbagai sumber media tentang  masa bertapa/menyiksa diri  dan gangguan mara  Pangeran Siddharta

Menanya
·      Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang masa menyiksa diri dan gangguan mara

Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·      Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan masa menyiksa diri dan gangguan mara

Mengasosiasi
·   Menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang masa menyiksa diri dan gangguan mara.

Mengkomunikasikan
·      Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang masa menyiksa diri dan gangguan  mara

Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan

Portofolio: menilai laporan peserta didik tentang masa bertapa/menyiksa diri dan gangguan mara yang menggoda Pangeran Siiddharta

Tes: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang masa menyiksa diri dan gangguan mara.

8 x 4 jp
·   Buku teks PAB kelas V
·   Kronologi Hidup Buddha
·   Riwayat Agung Para Buddha
·   Riwayat Hidup Buddha Gotama



SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI SD

Satuan Pendidikan         :   SD

Kelas                           :  VI (Enam)

Kompetensi Inti             : 
KI 1
:
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
1.1.   Menerima meditasi dalam kehidupan sehari-hari





2.1.  Menunjukkan perilaku luhur dan disiplin sebagai dasar untuk melatih meditasi
2.2.  Meliliki  sikap tenang dalam menghadapi persoalan sebagai hasil pelaksanaan meditasi pernafasan dan cinta kasih
3.1.     Memahami kisah perumpamaan tentang kisah Rumah Terbakar, Kembalinya Anak yang Hilang” dan Orang yang Luka Terkena Panah Beracun


4.1.  Menceritakan kisah perumpamaan tentang kisah Rumah Terbakar, Kembalinya Anak yang Hilang” dan Orang yang Luka Terkena Panah Beracun.

Judul Materi Pokok:
Perumpamaan populer

Mengamati
·      Menyimak gambar-gambar  tentang perumpamaan-perumpamaan populer: rumah terbkar, kembalinya anak yang hilang, dan orang yang terluka terkena anak panah beracun

Menanya
·      Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang perumpamaan-perumpamaan populer tentang rumah terbkar, kembalinya anak yang hilang, dan orang yang terluka terkena anak panah beracun

Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·      Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan perumpamaan-perumpamaan populer rumah terbkar, kembalinya anak yang hilang, dan orang yang terluka terkena anak panah beracun

Mengasosiasi
·      Mengasosiasikan dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan perumpamaan-perumpamaan populer rumah terbkar, kembalinya anak yang hilang, dan orang yang terluka terkena anak panah beracun

Mengkomunikasikan
·      Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang perumpamaan-perumpamaan populer rumah terbkar, kembalinya anak yang hilang, dan orang yang terluka terkena anak panah beracun

Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan

Portofolio: menilai laporan peserta didik tentang perumpamaan-perumpamaan, populer rumah terbkar, kembalinya anak yang hilang, dan orang yang terluka terkena anak panah beracun

Tes:
menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang perumpamaan-perumpamaan, populer


10 x 4 jp




·   Buku teks PAB kelas VI
·   Saddhar ma Pundarika Sutra
·   Buku Dhamma sari
·   Internet (jika tersedia)



Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
3.2. Memahami keajaiban-keajaiban saat Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna dengan benar

4.2.  Menceritakan keajaiban-keajaiban saat Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna



Judul Materi Pokok:
·     Pencapaian Penerangan sempurna
Mengamati
·      Menyimak berbagai sumber tentang pencapaian penerangan sempurna

Menanya
·       Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang pencapaian penerangan sempurna Pangeran Siddharta
Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·      Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan pencapaian Penerangan Sempurna Pangeran Siddharta

Mengasosiasi
·      Mengasosiasi dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan pencapaian Penerangan Sempurna  

Mengkomunikasikan
·      Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang perumpamaan-perumpamaan, populer, pencapaian penerangan sempurna,  meditasi pernapasan dan cinta kasih ,tujuan akhir umat Buddha, Sorga,

Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan.

Portofolio: menilai laporan peserta didik tentang , pencapaian penerangan sempurna

Tes:
menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang  pencapaian Penerangan Sempurna,  


8 x 4 jp












·   Buku teks PAB kelas VI
·   Kronologi Hidup Buddha
·   Riwayat Hidup Buddha Gotama
·   Internet

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
3.3. Memahami cara meditasi pernafasan dan cinta kasih

4.3.  Melaksanakan meditasi pernafasan dan cinta kasih

Judul Materi Pokok:
·     Meditasi pernafasan dan cinta kasih

Mengamati
·      Mengamati melallui membaca dari berbagai sumber tentang meditasi pernapasan dan cinta kasih
Menanya
·       Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang meditasi pernapasan dan cinta kasih

Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·      Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan meditasi pernapasan dan cinta kasih
·      Mempraktekan meditasi pernapasan-cinta kasih

Mengasosiasi
·      Mengasosiasi dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan  meditasi pernapasan dan cinta kasih

Mengkomunikasikan
·      Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan/bentuk lainnya tentang meditasi pernapasan dan cinta kasih
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan

Portofolio: menilai laporan peserta didik tentang meditasi pernapasan-cinta kasih

Tes: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang meditasi pernapasan-cinta kasih


9 x 4 jp




·   Buku teks PAB kelas VI
·   Buku Wacana Buddha Dharma
·   Buku Metta Bhavana


Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
3.4. Memahami  tujuan akhir umat Buddha

4.4.  Menyajikan fakta contoh orang yang berperilaku untuk mencapai tujuan akhir


Judul Materi Pokok:
Tujuan Akhir Umat Buddha
Mengamati
·      Menyimak dari berabagai sumber tentang tujuan akhir umat Buddha

Menanya
·       Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang tujuan akhir umat Buddha
Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·      Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan tujuan akhir umat Buddha

Mengasosiasi
·      Mengasosiasi dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tujuan akhir umat Buddha

Mengkomunikasikan
·      Menyampaikan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang tujuan akhir umat Buddha

Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan membuat laporan.

Portofolio: menilai laporan peserta didik tentang tujuan akhir umat Buddha

Tes:
menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang tujuan akhir umat Buddha


4 x 4 jp

·   Buku teks PAB kelas VI
·   Buku Vacana Buddha Dharma
·   Vijja Dhamma
·   Skema 31 alam kehidupan
·   Internet






Tidak ada komentar:

Posting Komentar