KURIKULUM
2013
Sekolah Dasar
MATA PELAJARAN:
PENDIDIKAN
AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Jakarta,
2013
DAFTAR
ISI
BAB I
PENDAHULUAN
PENGERTIAN
Struktur kurikulum terdiri atas
sejumlah mata pelajaran, beban belajar, dan kalender pendidikan.
STRUKTUR
KURIKULUM SD/MADRASAH IBTIDAIYAH
Struktur Kurikulum SD/MI adalah sebagai berikut:
|
MATA PELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU BELAJAR
PER MINGGU
|
||||||
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
||
|
Kelompok A
|
|
|
|||||
|
1.
|
Pendidikan
Agama dan Budi Pekerti
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
|
2.
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
|
5
|
6
|
6
|
4
|
4
|
4
|
|
3.
|
Bahasa
Indonesia
|
8
|
8
|
10
|
7
|
7
|
7
|
|
4.
|
Matematika
|
5
|
6
|
6
|
6
|
6
|
6
|
|
5.
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
-
|
-
|
-
|
3
|
3
|
3
|
|
6.
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
-
|
-
|
-
|
3
|
3
|
3
|
|
Kelompok B
|
|||||||
|
1.
|
Seni Budaya
dan Prakarya
(termasuk
muatan lokal)*
|
4
|
4
|
4
|
6
|
6
|
6
|
|
2.
|
Pendidikan
Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
(termasuk
muatan lokal)
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
|
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu
|
30
|
32
|
34
|
36
|
36
|
36
|
|
Keterangan:
*Muatan lokal dapat memuat Bahasa Daerah
Kegiatan
Ekstra Kurikuler SD/MI antara lain:
-
Pramuka (Wajib)
-
UKS
-
PMR
Kelompok A adalah mata pelajaran
yang memberikan orientasi kompetensi lebih kepada aspek kognitif dan afektif
sedangkan kelompok B adalah mata pelajaran yang lebih menekankan pada aspek
afektif dan psikomotor.
Integrasi Kompetensi Dasar IPA dan
IPS didasarkan pada keterdekatan makna dari konten Kompetensi Dasar IPA dan IPS
dengan konten Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia,
Matematika, serta Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang berlaku untuk
kelas I, II, dan III. Sedangkan untuk kelas IV, V dan VI, Kompetensi Dasar IPA
dan IPS berdiri sendiri dan kemudian diintegrasikan ke dalam tema-tema yang ada
untuk kelas IV, V dan VI.
BEBAN BELAJAR
Beban belajar dinyatakan dalam jam
belajar setiap minggu untuk masa belajar selama satu semester. Beban belajar di
SD/MI kelas I, II, dan III masing-masing 30, 32, 34 sedangkan untuk kelas IV, V, dan
VI masing-masing 36 jam setiap minggu. Jam belajar SD/MI adalah 35 menit.
Dengan adanya tambahan jam belajar
ini dan pengurangan jumlah Kompetensi Dasar, guru memiliki keleluasaan waktu
untuk mengembangkan proses pembelajaran yang berorientasi siswa aktif. Proses
pembelajaran siswa aktif memerlukan waktu yang lebih panjang dari proses
pembelajaran penyampaian informasi karena peserta didik perlu latihan untuk mengamati,
menanya, mengasosiasi, dan berkomunikasi. Proses pembelajaran yang dikembangkan
menghendaki kesabaran guru dalam mendidik peserta didik sehingga mereka menjadi
tahu, mampu dan mau belajar dan menerapkan apa yang sudah mereka pelajari di
lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya. Selain itu bertambahnya jam belajar
memungkinkan guru melakukan penilaian proses dan hasil belajar.
BAB II
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
A. Kompetensi Inti
Isi Kurikulum 2013 dikembangkan dalam
bentuk Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (Kompetensi Dasar). Kompetensi
Inti dikembangkan dari Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan merupakan kualitas minimal
yang harus dikuasai peserta didik di kelas untuk setiap mata pelajaran.
Kompetensi Inti terdiri atas jenjang kompetensi minimal yang harus dikuasai
peserta didik di kelas tertentu, isi umum materi pembelajaran, dan ruang
lingkup penerapan kompetensi yang
dipelajari. Jenjang kompetensi dalam KI
meningkat untuk kelas-kelas berikutnya, KI tidak memuat konten khusus mata
pelajaran tetapi konten umum yaitu fakta, konsep, prosedur, metakognitif dan kemampuan menerapkan
pengetahuan yang terkandung dalam setiap mata pelajaran. Perluasan penerapan
kompetensi yang dipelajari dinyatakan dalam KI, dimulai dari lingkungan
terdekat sampai ke lingkungan global.Dalam desain Kurikulum 2013, Kompetensi
Inti berfungsi sebagai pengikat bagi Kompetensi Dasar. Dalam fungsi sebagai
pengikat maka setiap KD yang dikembangkan untuk setiap mata pelajaran di setiap
kelas harus mengacu kepada Kompetensi Inti.
Kompetensi Inti terdiri atas empat
dimensi yang satu sama lain terkait, terdiri atas sikap beragama, sikap
personal dan sosial, pengetahuan, dan penerapan pengetahuan masing disebut
sebagai KI 1, KI 2, KI 3 dan KI 4.. Keempat dimensi tersebut harus tercantum
dalam pengembangan KD, silabus, dan RPP. Lebih lanjut, keempat dimensi tersebut
memiliki posisi yang berbeda dalam proses pembelajaran dimana KI 1 dan KI 2
dikembangkan dalam proses pendidikan di setiap kegiatan di sekolah (kelas dan
luar sekolah) dengan pendekatan pembelajaran tidak langsung. Sedangkan KI 3 dan
KI 4 dikembangkan oleh masing-masing mata pelajaran dalam pendekatan
pembelajaran langsung.
KI 3 dirancang berfokus pada
pengembangan pengetahuan (faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif)
dalam jenjang kemampuan kognitif dari mengingat hingga menciptakan. KI 4 merupakan perencanaan kegiatan belajar untuk
menerapkan apa yang dipelajari di KI 3 dalam suatu proses pembelajaran yang
terintegrasi atau pun terpisah. Terintegrasi mengandung arti bahwa proses
pembelajaran KD 3 dan KD 4 dilakukan pada waktu bersamaan baik di kelas,
laboratorium mau pun di luar sekolah. Terpisah mengandung makna bahwa
pembelajaran mengenai KD 3 terpisah dalam waktu dan/atau tempat dengan KD
4.Keputusan mengenai pembelajaran terintegrasi atau terpisah ditentukan
sepenuhnya dalam silabus dan RPP, berdasarkan pertimbangan mengenai konten Kompetensi Dasar untuk KI 3 dan Kompetensi Dasar untuk KI
4.
Kompetensi
Inti 1 (KI 1) berkenaan dengan sikap dan perilaku beragama. KI 2 berkenaan
dengan sikap personal dan sosial. KI 3 berkenaan dengan pengetahuan dan KI 4
adalah penerapan dari pengetahuan yang dipelajari di KI 3. KI 1 dikembangkan
menjadi KD 1, KI 2 dikembangkan menjadi KD2, KI 3 menjadi KD3 dan KI 4 menjadi
KD4.
Komponen
keluasan penerapan minimal dalam KI menjadi pegangan bagi guru ketika
mengembangkan RPP dan merealisasi RPP dalam proses pembelajaran di kelas,
sekolah, dan masyarakat. Untuk kelas I – III SD/MI penerapan kompetensi yang
minimal adalah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru. Di kelas IV
– VI, terjadi perluasan dimana penerapan kompetensi tersebut juga pada waktu
pergaulan dengan tetangga. Sebagai sesuatu yang minimal maka satu satuan
pendidikan tertentu dapat mensyaratkan penerapan kompetensi yang dipelajari
peserta didik lebih luas dari yang dinyatakan dalam Kompetensi Inti.
B. Kompetensi Dasar
Kompetensi
Dasar (KD) adalah kompetensi yang terdiri dari jenjang kemampuan kompetensi
yang harus dikuasai peserta didik dan isi pelajaran yang dirancang sebagai
materi untuk menguasai kompetensi. Kompetensi Dasar setiap mata pelajaran
dikembangkan dengan merujuk kepada Kompetensi Kompetensi Inti dan setiap KI
memiliki KD yang sesuai. Dengan perkataan lain, KI 1 memiliki KD yang berkenaan
dengan pengembangan semangat beragama, KI 2 memiliki KD yang berkenaan dengan
pengembangan sikap personal dan sosial, KI 3 memiliki KD yang berkenaan dengan
pengembangan pengetahuan dan KI 4 memiliki KD yang berkenaan dengan penerapan
pengetahuan yang dikembangkan KD 3.
Sebagaimana
halnya dengan Kompetensi Inti, KD 1, 2, 3,dan 4 merupakan suatu kesatuan. Meski
pun demikian, sesuai dengan sifat setiap Kompetensi Inti yang dirujuknya, KD 1
tidak memiliki konten spesifik mata pelajaran. Demikian pula halnya dengan KD 2
yang merujuk kepada Kompetensi Inti 2 yaitu sikap personal dan sosial. Kedua KD
tersebut dikembangkan melalui pendekatan pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching) dalam proses belajar mengenai
KD 3 dan KD 4 yang dikembangkan melalui pendekatan proses belajar langsung
(direct teaching). Dalam proses belajar tidak langsung tersebut materi
pembelajaran KD 3 dan KD 4 menjadi materi yang juga digunakan untuk
mengembangkan sikap beragama atau pun sikap personal dan sosial.
KD
3 merujuk ke KI 3 dan berisikan pengetahuan yang perlu dipelajari peserta didik
dari suatu mata pelajaran. KD 4 yang merujuk ke KI 4 berisikan penerapan dari
pengetahuan yang dinyatakan dalam KD 3. Oleh karena itu keterkaitan antara KD 3
dan KD 4 bersifat garis lurus (linear) dan secara praktis dinyatakan dalam
jumlah KD 3 yang sama dengan jumlah KD 4. Dalam hubungan ini KD 3 menjadi
penentu isi dan jumlah KD 4.
Satu
atau lebih KD 3 dan KD 4 dapat diorganisasikan dalam satu materi pokok. Dengan
demikian, satu materi pokok dikembangkan dari KD 3 dan KD 4. Kedua kelompok KD
tersebut menjadi satu kesatuan materi pelajaran yang dikembangkan dalam silabus.
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang dimaksud
diatas mulai dari Kelas I sampai dengan Kelas VI sebagaimana terdapat dalam
tabel-tabel berikut ini.
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN
AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI
SEKOLAH DASAR
(SD)
KELAS:I
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya
|
1.1
Terbiasa
berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan sehari-hari.
1.2
Meyakini Tuhan
Yang Maha Esa (Sanghyang Adi Buddha)
|
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru
|
2.1
Memiliki
sikap hormat dan salam dalam keluarga, sekolah, dan teman bermain
2.2
Memiliki
sikap peduli kepada sesama anggota keluarga, sebagai perwujudan/implementasi
dari saudara yang baik
2.3
Memiliki
perilaku hormat dan santun kepada orang tua, guru, dan anggota Sangha,
sebagai implementasi dari penghormatan (anjali, utthana, dan namaskara).
|
|
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan
di sekolah
|
3.1
Mengenali tempat
ibadah, rohaniwan, kitab suci, hari raya dan Guru Agung Agama Buddha
3.2
Mengenalpenghormatan,
dansimbol-simbol agama Buddha
3.3
MengenalkelahiranPangeranSiddharta.
3.4
Mengenalkanpengembangancintakasih
(metta bhavana).
|
|
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Mewarnai
tempat ibadah, rohaniwan, kitab suci, hari raya dan Guru Agung Agama Buddha
4.2
Mempraktikkan
penghomatan.
4.3
Menceriterakan
kelahiran Siddharta
4.4
Mempraktikan
pengembangan cinta kasih.
|
KELAS:II
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
|
1.1
Meneladani sifat-sifat
luhur Pangeran Siddharta pada masa kanak-kanak
|
|
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungj awab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.1
Memiliki rasa malu berbuat jahat dan takut akibat
berbuat jahat sebagai landasan kemoralan.
2.2
Memiliki sikap sopan santun dalam keluarga, sekolah,
dan masyarakat
|
|
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1
Memahami
macam-macam peraturan dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat.
3.2
Mengenal kisah kasih sayang, kejujuran, dan persahaban.
3.3
Mengenal cerita masa kanak-kanak Paneran Siddharta.
3.4
Membedakan perbuatan baik dan buruk.
|
|
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Melaksanakan
macam-macam peraturan dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat.
4.2
Menceriterakan kisah kasih sayang, kejujuran, dan
persahaban.
4.3
Menceriterakan masa kanak-kanak Paneran Siddharta.
4.4
Melaksanakan perbuatan baik (contoh berdana, menengok
teman sakit dll).
|
KELAS: III
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
|
1.1
Menerima dan menghayati makna hari raya agama Buddha.
|
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1
Memiliki perilaku yang baik sebagai implementasi diri
manfaat pelaksanaan pancasila Buddhis
|
|
3.
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1
Memahami manfaat melaksanakan dan akibat melanggar
Pancasila Buddhis
3.2
Mengenal sejarah Pangeran Siddharta pada masa
bersekolah dan semangat belajar.
3.3
Memahami
hari-hari raya agama Buddha.
3.4
Mengenal
kewajiban anak terhadap orang tua dan guru.
|
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Mempraktikan
latihan Pancasila Buddhis (5 latihan).
4.2
Menceriterakan
sejarah Pangeran Siddharta pada masa bersekolah dan semangat belajar.
4.3
Merayakan
hari-hari raya agama Buddha.
4.4
Menerapkan
kewajiban anak terhadap orang tua dan guru.
|
KELAS: IV
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
1.
Menerima, menghargai, dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Membiasakan diri untuk melakukan puja bakti setiap hari
|
|
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, tetangga, dan guru
|
2.1
Memiliki perilaku
disiplin melaksanakan puja dalam kehidupan sehari-hari.
2.2
Menunjukkan
pertolongan tanpa pamrih dan berterima kasih kepada orang yang telah memberikan
pertolongan
2.3
Mengakui kesalahan, memperbaiki diri, meminta dan
memberi maaf.
|
|
3.
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1
Memahami makna, tujuan, dan manfaat melaksanakan puja
bakti di Vihara, Cetiya, dan rumah.
3.2
Mendeskripsikan candi-candi agama Buddha di Indonesia dan
candi yang dipergunakan perayaan waisak.
3.3
Memahami masa
remaja dan masa berumah tangga Pangeran Siddharta
3.4
Memahamiempat
peristiwa dan Pelepasan Agung
|
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Melaksanakan puja
bakti di Vihara, Cetiya, dan rumah.
4.2
Membuat
gambar candi-candi agama Buddha di Indonesia.
4.3
Menceriterakan
kembali peristiwa masa remaja dan masa berumah tangga Pangeran Siddharta
4.4
Menceriterakan
empat peristiwa dan pelepasan agung.
|
KELAS: V
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
1.
Menerima, menghargai, dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menerima Hukum Kebenaran yang diajarkan Buddha
|
|
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percayadiri, dan cinta tanah
air dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, tetangga, dan guru
|
2.1
Memiliki
sifat kemurahan hati dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud kepedulian
sosial
|
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan
konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca]
serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1
Memahami hakikat dan perbedaan kehidupan menurut hukum
kebenaran
3.2
Memahami cara-cara
berdana yang baik dan benar.
3.3
Memahami hukum karma dan kelahiran kembali.
3.4
Memahami masa bertapa dan dan
ganguan mara.
|
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual
dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya
yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Menjajikan
secara konseptual perbedaan realita kehidupan menurut hukum kebenaran.
4.2
Mempraktikanberdana
paramita dengan cara-cara yang baik dan benar.
4.3
Menyajikan
fakta kehidupan sesuai dengan hukum karma dan kelahiran kembali.
4.4
Menceriterakan
masa bertapa dan dan ganguan mara.
|
KELAS: VI
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
1.
Menerima, menghargai, dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menerima
meditasi dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1
Memiliki perilaku luhur dan disiplin sebagai dasar
untuk melatih meditasi
2.2
Memiliki sikap tenang dalam menghadapi persoalan
sebagai hasil pelaksanaan meditasi pernafasan dan cinta kasih
|
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan
konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca]
serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1
Memahami
kisah perumpamaan tentang kisah “Rumah Terbakar, “Kembalinya Anak yang
Hilang” dan Orang yang Luka Terkena Panah Beracun
3.2
Memahami keajaiban-keajaiban saat Petapa Gotama
mencapai Penerangan Sempurna
3.3
Memahami cara meditasi pernafasan dan cinta kasih.
3.4
Memahami tujuan akhir umat Buddha.
|
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual
dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya
yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Menceritakan kisah perumpamaan tentang kisah “Rumah
Terbakar, “Kembalinya Anak yang Hilang” dan Orang yang Luka Terkena Panah Beracun.
4.2
Menceritakan keajaiban-keajaiban
saat Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna
4.3
Melaksanakan
meditasi pernafasan dan cinta kasih
4.4
Menyajikan
fakta contoh orang yang berperilaku untuk mencapai tujuan akhir.
|
BAB III
SILABUS
Silabus adalah
rencana pembelajaran untuk satu matapelajaran di kelas
tertentu untuk menjabarkan beberapa
materi pokok atau tema tertentu. Silabus memuat
komponen-komponen sebagai berikut:
Bagian 1 :
Identitas
a.
Satuan
Pendidikan
b.
Kelas/Semester
c.
Kompetensi
Inti
Bagian 2 :
Tabel silabus
a. Kompetensi Dasar
b. Materi Pokok
c. Pembelajaran
d. Penilaian
e. Alokasi waktu
f. Sumber belajar
Adapun silabus untuk matapelajaran Pendidikan Agama Buddha untuk SD adalah sebagai berikut:
SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI SD
Satuan
Pendidikan : SD
Kelas : I (Satu)
Kompetensi
Inti :
|
KI 1
|
:
|
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
|
KI 2
|
:
|
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
1.1. Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
sehari-hari.
|
|
|
|
|
|
|
1.2. Meyakini Tuhan Yang Mahaesa (Sanghyang
Adi Buddha)
|
|||||
|
2.1. Memiliki sikap hormat
dan salam dalam keluarga, sekolah, dan teman bermain
|
|||||
|
2.2. Memiliki sikap peduli kepada sesama anggota keluarga,
sebagai
perwujudan/ implementasi dari saudara yang baik
2.3. Memiliki perilaku hormat dan santun kepada orang tua,
guru, dan anggota Sangha, sebagai implementasi dari penghormatan (anjali, utthana, dan namaskara)
|
|||||
|
3.1 Mengenali
tempat ibadah, rohaniwan, kitab suci, hari raya dan Guru Agung Agama Buddha
4.1. Mewarnai
tempat ibadah, rohaniwan, kitab suci, hari raya dan Guru Agung Agama Buddha
|
Judul
Materi Pokok:
· Identitas Agama Buddha
.
|
Mengamati
·
Membaca berbagai
sumber tentang Identitas
l agama Buddha
·
Menyimak
gambar-gambar atau media lain tentang: tempat ibadah, rohaniwan, kitab suci,
dan identitas agama Buddha lainnya
Menanya
·
Bertanya sesuatu tentang hal-hal yang
kurang jelas/tidak dipahami untuk mendapatkan klarifikasi tentang Identitas
agama Buddha
Mengeksperimen/mengekplorasikan
·
Mengumpul
data lanjutan
terkait Identitas agama Buddha
·
Mewarnai
gambar identitas agama Buddha
Mengasosiasi
·
Menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta
sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang Identitas agama Buddha.
Mengkomunikasikan
·
Hasil analisis dalam bentuk tulisan atau bentuk lain tentang Identitas
agama Buddha
|
Observasi:
mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan membuat laporan.
Portofolio:
menilai laporan peserta didik tentang tentang Identitas agama Buddha
Tes: menilai kemampuan peserta
didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang Identitas
agama Buddha
|
8 x 4 jp
|
· Buku Teks Agama Buddha Kelas I
· Buku Menjadi Umat Buddha
· Gambar, dll
· Internet (Jika tersedia)
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
3.2 Mengenal penghormatan,
dan simbol-simbol agama Buddha
4.2. Mempraktikkan penghomatan
|
Judul
Materi Pokok:
· Penghormatan
dan simbol-simbol agama Buddha
|
Mengamati
·
Membaca berbagai
sumber tentang penghormatan dan simbol-simbol agama
Buddha; kelahiran
·
Menyimak
gambar-gambar simbol-simbol Agama Buddha
Menanya
·
Bertanya sesuatu untuk
mendapatkan klarifikasi tentang penghormatan dan simbol-simbol agama
Buddha
Mengeksperimen/mengekplorasikan
·
Mengumpul
data lanjutan
terkait penghormatan dan simbol-simbol agama Buddha
·
Mewarnai
simbol-simbol agama Buddha
·
Memperagakan
sikap-sikap penghoratan sesuai agama Buddha
Mengasosiasi
·
Menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta
sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang penghormatan dan simbol-simbol agama Buddha
Mengkomunikasikan
·
Hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang penghormatan dan simbol-simbol agama Buddha
|
Observasi:
mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan membuat laporan.
Portofolio:
menilai laporan peserta didik tentang tentang penghormatan dan simbol-simbol agama Buddha
Tes: menilai kemampuan peserta
didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang penghormatan dan simbol-simbol agama Buddha.
|
10 x 4 jp
|
· Buku Teks Agama Buddha Kelas I
· Buku Menjadi Umat Buddha
· Gambar
· Internet
|
|
3.3. Mengenal kelahiran
Pangeran Siddharta
4.3. Menceriterakan kelahiran Siddharta
|
Judul
Materi Pokok:
· Kelahiran Pangeran Siddharta
|
Mengamati
·
Mengamati
melalui berbagai sumber/media tentang sejarah kelahiran
Pangeran Siddharta
Menanya
·
Bertanya tentang hal-hal yang belum jelas untuk mendapatkan klarifikasi tentang kelahiran Pangeran Siddharta
Mengeksperimen/mengekplorasikan
·
Mengumpul
data lanjutan
terkait kelahiran Pangeran Siddharta
·
Mewarnai
gambar dan menceritakan gambar kelahiran Pangeran Siddharta
Mengasosiasi
·
Menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta
sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang kelahiran Pangeran Siddharta
Mengkomunikasikan
·
Hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang; Kelahiran Pangeran Siddharta.
|
Observasi:
mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan membuat laporan.
Portofolio:
menilai laporan peserta didik tentang tentang kelahiran Pangeran Siddharta
Tes: menilai kemampuan peserta
didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang kelahiran Pangeran Siddharta
|
9 x 4 jp
|
· Buku Teks Agama Buddha Kelas I
· Riwayat Hidup Buddha Gotama
· Gambar
· Internet
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
3.4. Mengenalkan
pengembangan cinta kasih (metta bhavana)
4.4. Mempraktikan pengembangan cinta kasih
|
Judul
Materi Pokok:
· Pengembangan cinta kasih
|
Mengamati
·
Melihat
gambar orang yang sedang mellaksanakan meditasi pengembangan cinta kasih
Menanya
·
Mempertanyakan
hal-hal yang belum dipahami untuk mendapatkan klarifikasi tentang pengembangan
cinta kasih
Mengeksperimen/mengekplorasikan
·
Mengumpul
data lanjutan
terkait pengembangan cinta kasih.
·
Mewarnai
gambar orang yang sedang bermeditasi
Mengasosiasi
·
Menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta
sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang pengembangan cinta kasih
Mengkomunikasikan
·
Hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang pengembangan cinta kasih.
|
Observasi:
mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan membuat laporan.
Portofolio:
menilai laporan peserta didik tentang tentang pengembangan cinta kasih.
Tess: menilai kemampuan peserta
didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang pengembangan cinta kasih
|
9 x 4 jp
|
· Buku Teks Agama Buddha Kelas I
· Buku Metta Bhavana
· Internet
|
SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI SD
Satuan
Pendidikan : SD
Kelas : II (Dua)
Kompetensi
Inti :
|
KI 1
|
:
|
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
|
KI 2
|
:
|
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
|
1.1.
Meneladani
sifat-sifat luhur Pangeran Siddharta pada masa kanak-kanak.
|
|
|
|
|
|
||
|
2.1.
Memiliki rasa
malu berbuat jahat dan takut akibat berbuat jahat sebagai landasan kemoralan.
|
|||||||
|
2.2. Memiliki
sikap sopan santun dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat.
|
|||||||
|
3.1. Memahami
macam-macam peraturan dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat.
4.1.
Melaksanakan macam-macam peraturan dalam keluarga,
sekolah, dan masyarakat.
|
Judul
Materi Pokok:
·
Macam-macam peraturan
.
|
Mengamati
·
Membaca buku tentang bermacam-macam
peraturan
·
Memperhatikan
gambar tentang akibat buruk melanggar peraturan
Menanya
·
Mempertanyakan
hal-hal yang belum jelas atau belum dipahamii untuk
mendapatkan klarifikasi tentang bermacam-macam
peraturan
Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·
Membuat
kliping gambar-gambar
terkait dengan bermacam-macam
peraturan;
Mengasosiasi
·
Mengasosiasi
dengan menganalisa informasi yang terdapat dari sumber
tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan
tentang bermacam-macam
peraturan
Mengkomunikasikan
·
Menganalisis dalam bentuk tulisan, dan lain-lain tentang bermacam-macam peraturan
|
Observasi:
mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan membuat laporan.
Portofolio:
menilai laporan peserta didik tentang tentang macam-macam peraturan
Tes: menilai kemampuan peserta
didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang macam-macam
peraturan
|
8 x 4 jp
|
·
Buku
Teks PAB Kelas II
·
Lingkungan
sekitar
·
Internet
|
||
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
|
3.2. Mengenal kisah kasih sayang, kejujuran, dan persahaban.
4.2.
Menceriterakan
kisah kasih sayang, kejujuran, dan persahaban.
|
Judul
Materi Pokok:
·
Kisah
kasih sayang, kejujuran dan, persahabatan.
.
|
Mengamati
·
Megamati
melalui membaca berbagai sumber tentang kisah kasih sayang, kejujuran
dan, persahabatan
Menanya
·
Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang kisah kasih sayang, kejujuran dan, persahabatan
Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·
Bercerita
tentang kisah-kisah Jataka tentang -kasih sayang, kejujuran dan, persahabatan
Mengasosiasi
·
Menghubungkan
dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber
tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan
tentang kisah
kasih sayang, kejujuran dan, persahabatan
Mengkomunikasikan
·
Menganalisis dalam bentuk tulisan tentang kisah kasih sayang, kejujuran dan, persahabatan
|
Observasi:
mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan membuat laporan.
Portofolio:
menilai laporan peserta didik tentang tentang kisah persahabatan, kejujuran, kasih sayang
Tes: menilai kemampuan peserta
didik dalam meng-analisis dan mengidentifikasikan tentang tentang kisah persahabatan,
kejujuran, kasih sayang
|
10 x 4 jp’
|
·
Buku
Teks PAB Kelas II
· Kisah Tiga Sahabat
· Cerita Kasiha Sayang Bodhisattva Gajah
· Cerita Buddha Menyelamat kan Anak Domba yang Pincang
· Internet
|
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
|
3.3. Mengenal cerita masa kanak-kanak Pangeran Siddharta
4.3.
Menceriterakan
masa kanak-kanak Paneran Siddharta
|
Judul
Materi Pokok:
·
Masa
kanak-kanak Pangeran Siddharta
|
Mengamati
·
Menyimak cerita tentang masa
kanak-kanak Pangeran Siddharta
Menanya
·
Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang masa kanak-kanak Pangeran Siddharta .
Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·
Bercerita
tentang kisah masa kanak-kanak Pangeran Siddharta
Mengasosiasi
·
Mengasosiasi
dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber
tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan
tentang masa
kanak-kanak Pangeran Siddharta ,
Mengkomunikasikan
·
Menganalisis dalam bentuk tulisan/lisan tentang masa kanak-kanak Pangeran
Siddharta
|
Observasi:
mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan membuat laporan.
Portofolio:
menilai laporan peserta didik tentang tentang kisah masa kanak-kanak Pangeran Siddharta
Tes: menilai kemampuan peserta
didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang masa kanak-kanak Pangeran Siddharta
|
8 x 4 jp
|
·
Buku
Teks PAB Kelas II
·
Kronologi
Hidup Buddha
·
Jataka
·
Internet
|
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
3.4. Membedakan perbuatan baik dan buruk
4.4.
Melaksanakan
perbuatan baik (contoh berdana, menengok teman sakit dll)
|
Judul
Materi Pokok:
·
Perbutan
baik dan buruk
|
Mengamati
·
Mengamati
melalui membaca berbagai sumber tentang perbutan baik dan buruk.
·
Memperhatikan
gambar orang yang sedang melakukan perbuatan baik
Menanya
·
Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang perbutan baik dan buruk.
Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·
Membuat
kliping terkait dengan bermacam-macam
perbuatan
·
Membut daftar perbuatan baik dan perbuatan buruk
Mengasosiasi
·
Mengasosiasi
dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber
tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan
tentang perbutan
baik dan buruk
Mengkomunikasikan
·
Menganalisis dalam bentuk tulisan tentang bermacam-macam
perbutan baik dan buruk
|
Observasi:
mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan membuat laporan.
Portofolio:
menilai laporan peserta didik tentang tentang Perbuatan baik dan buruk
Tes: menilai kemampuan peserta
didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang tentang Perbuatan baik dan buruk
|
8 x 4 jp
|
·
Buku
Teks PAB Kelas II
· Jataka
· Lingkungan
·
Internet
|
SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI SD
Satuan
Pendidikan : SD
Kelas : III (Tiga)
Kompetensi
Inti :
|
KI 1
|
:
|
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
|
KI 2
|
:
|
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
|
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
1.1. Menerima dan menghayati makna hari raya agama Buddha
|
|
|
|
|
|
|
2.1.
Memiliki
perilaku yang baik sebagai implementasi diri manfaat pelaksanaan pancasila
Buddhis .
|
|||||
|
3.1. Memahami manfaat
melaksanakan dan akibat melanggar Pancasila Buddhis
4.1. Mempraktikan latihan Pancasila Buddhis (5 latihan).
|
Judul
Materi Pokok:
· Manfaat melaksanakan dan
akibat pelanggaran Pancasila Buddhis
|
Mengamati
·
Membaca berbagai
sumber tentang Pancasila Buddhis
·
Mendengarkan
lagu-lagu buddhis tentang Pancasila Buddhis
Menanya
·
Mempertanyakan
hal-hal yang tidak dimengerti untuk mendapatkan klarifikasi tentang Pancasila
Buddhis
Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·
Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan manfaat
melaksanakan dan akibat melanggar Pancasila Buddhis
·
Menyanyikan
lagu-lagu Buddhis: Pancasila
Mengasosiasi
·
Mengasosiasi
dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta
sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang manfaat melaksanakan dan
akibat melanggar Pancasila Buddhis
Mengkomunikasikan
·
Menyampaikan hasil
analisis dalam bentuk tulisan/lisan tentang Pancasila Buddhis
|
Observasi:
mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan membuat laporan.
Portofolio:
menilai laporan peserta didik tentang tentang manfaat melaksanakan dan akibat
melanggar Pancasila Buddhis
Tes Tertulis/Lisan:
menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan
tentang tentang manfaat melaksanakan dan akibat melanggar Pancasila
Buddhis
|
8 x 4 jp
|
· Buku teks PAB kelas III
· Pancasila dan Pancadhamma
· Internet (jika tersedia)
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
|
3.2. Mengenal sejarah Pangeran Siddharta pada masa bersekolah
dan semangat belajar
4.2. Menceriterakan sejarah Pangeran Siddharta pada masa
bersekolah dan semangat belajar
|
Judul
Materi Pokok:
· Masa bersekolah Pangeran
Sidharta
|
Mengamati
·
Menyimak cerita tentang masa bersekolah
Pangeran Siddharta
Menanya
·
Bertanya
untuk mendapatkan klarifikasi tentang masa bersekolah
Pangeran Siddharta
Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·
Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan masa bersekolah
Pangeran Siddharta
Mengasosiasi
·
Menghubungkan
dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta
sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang masa
bersekolah
Pangeran Siddharta
Mengkomunikasikan
·
Menyampaikan hasil
analisis dalam bentuk tulisan/lisan tentang masa
bersekolah
Pangeran Siddharta
|
Observasi:
mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan membuat laporan.
Portofolio:
menilai laporan peserta didik tentang tentang masa
bersekolah
Pangeran Siddharta,
Tes:
menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan
mengidentifikasikan tentang tentang masa bersekolah
Pangeran Siddharta
|
8 x 4 jp
|
· Buku teks PAB kelas III
· Kronologi Hidup Buddha
· Riwayat Agung Para Buddha
|
||
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
|
3.3. Memahami hari-hari raya agama Buddha
4.3. Merayakan hari-hari raya agama Buddha
|
Judul
Materi Pokok:
· Hari raya
agama Buddha
|
Mengamati
·
Melihat
tayangan peringatan hari raya agama Buddha
·
Mendengarkan
lagu-lagu buddhis tentang hari raya agama Buddha
Menanya
·
Bertanya
untuk mendapatkan klarifikasi tentang hari raya
agama Buddha
Mengeksperimen/mengekplorasikan
·
Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan hari raya
agama Buddha
·
Menyanyikan
lagu-lagu Buddhis tentang hari raya agama Buddha
·
Berkreativitas membuat ucapan selamat hari raya
Mengasosiasi
·
Menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta
sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang hari raya
agama Buddha
Mengkomunikasikan
·
Menyampaikan hasil
analisis dalam bentuk tulisan/lisan tentang hari raya agama Buddha
|
Observasi:
mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan membuat laporan.
Portofolio:
menilai laporan peserta didik tentang tentang hari raya agama Buddha
Tes:
menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan
mengidentifikasikan tentang tentang hari raya agama Buddha
|
10 x 4 jp
|
· Buku teks PAB kelas III
· Riwayat Agung Para Buddha
· Buku Wacana Buddha Dharma
· Vijja Dhamma
· inetrnet
|
||
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
|
3.4. Mengenal kewajiban anak terhadap orang tua dan guru
4.4. Menerapkan kewajiban anak terhadap orang tua dan guru
|
Judul
Materi Pokok:
· Kewajiban terhadap orang tua
dan guru
|
Mengamati
·
Mengamati
melalui membaca berbagai sumber tentang kewajiban terhadap orang tua
dan guru
Menanya
·
Bertanya
untuk mendapatkan klarifikasi tentang Kewajiban terhadap orang tua
dan guru
Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·
Mengumpulkan data lanjutan terkait dengan kewajiban terhadap orang tua
dan guru
·
Menyanyikan
lagu-lagu Buddhis tentang sesuai kajian yang dibahas
Mengasosiasi
·
Mengasosiasi
dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta
sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang kewajiban
terhadap orang tua
dan guru
Mengkomunikasikan
·
Menyampaikan hasil
analisis dalam bentuk tulisan/lisan/praktik tentang kewajiban
terhadap orang tua
dan guru
|
Observasi:
mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan membuat laporan.
Portofolio:
menilai laporan peserta didik tentang tentang kewajiban
terhadap orang tua
dan guru
Tes:
menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan
mengidentifikasikan tentang tentang kewajiban terhadap
orang tua dan guru
|
8 x 4 jp
|
· Buku teks PAB kelas III
· Buku Wacana Buddha Dharma
· Lagu ”Ibuku”
· Sigalovada Sutta
· Internet
|
||
SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI SD
Satuan
Pendidikan : SD
Kelas : IV (Empat)
Kompetensi
Inti :
|
KI 1
|
:
|
Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
|
KI 2
|
:
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
|
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
|
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
1.1.
Membiasakan
diri untuk melakukan puja bakti setiap hari
|
|
|
|
|
|
|
2.1. Memiliki perilaku disiplin melaksanakan puja dalam kehidupan
sehari-hari.
|
|||||
|
2.2. Menunjukkan
pertolongan tanpa pamrih dan berterima kasih kepada orang yang telah memberi
pertolongan
|
|||||
|
2.3. Mengakui
kesalahan, memperbaiki diri, meminta dan memberi maaf
|
|||||
|
3.1 Memahami makna,
tujuan, dan manfaat melaksanakan puja bakti di Vihara, Cetiya,
dan rumah
4.1. Melaksanakan puja bakti di Vihara, Cetiya, dan
rumah.
|
Judul
Materi Pokok:
· Puja bakti
dan sarananya
|
Mengamati
·
Mengamati
melalui membaca berbagi
sumber tentang puja bakti dalam agama Buddha
·
Memperhatikan
gambar umat Buddha yang sedang
melaksanakan puja bakti
Menanya
·
Bertanya
dan berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang puja bakti dalam agama Buddha
Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·
Mengumpulkan data
lanjutan terkait dengan puja bakti
·
Bernyanyi
lagu buddhis yang terkait dengan puja bakti
Mengasosiasi
·
Menganalisa informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet
serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang puja bakti dan sarananya dalam agama Buddha
Mengkomunikasikan
·
Menyampaikan
analisis dalam bentuk tulisan/praktk tentang puja bakti dalam agama Buddha
|
Observasi:
mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan membuat laporan.
Portofolio:
menilai laporan peserta didik tentang puja bakti
Tes:
menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan
mengidentifikasikan tentang puja bakti dan sarananya
|
9 x 4 jp
|
· Buku teks PAB kelas IV
· Buku Paritta Suci
· Internet
· Lingkungan
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
3.2 Mendeskripsikan candi-candi agama Buddha di Indonesia dan candi yang
dipergunakan perayaan waisak.
4.2. Membuat gambar candi-candi agama Buddha di Indonesia.
|
Judul
Materi Pokok:
· Candi agama Buddha di Indonesia
|
Mengamati
·
Mengamati
melalui membaca berbagi sumber tentang candi
agama Buddha di Indonesia
·
Memperhatikan
gambar tentang candi agama Buddha di
Indonesia
Menanya
·
Bertanya
dan berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang candi agama Buddha di Indonesia
Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·
Mengumpulkan data
lanjutan terkait dengan candi
agama Buddha di Indonesia
·
Mewarnai/menggambar
terkait dengan candi
agama Buddha di Indonesia
Mengasosiasi
·
Mengasosiasi
dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber
tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan
tentang candi
agama Buddha di Indonesia
Mengkomunikasikan
·
Menyampaikan
analisis dalam bentuk tulisan tentang candi agama Buddha di Indonesia
|
Observasi:
mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan membuat laporan.
Portofolio:
menilai laporan peserta didik tentang candi agama Buddha di
Indonesia
Tes:
menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan
mengidentifikasikan tentang candi
agama Buddha di Indonesia
|
9 x 4 jp
|
· Buku teks PAB kelas IV
· Film tentang candi-candi agama Buddha di Indonesia
· Lingkungan
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
3.3. Memahami masa remaja dan masa berumah tangga Pangeran Siddharta
4.3. Menceriterakan kembali peristiwa masa remaja dan masa berumah tangga
Pangeran Siddharta
|
Judul
Materi Pokok:
Masa remaja
dan berumah tangga Pangeran Siddharta
|
Mengamati
·
Mengamati
melalui membaca berbagi
sumber tentang masa remaja dan berumah tangga
·
Memperhatikan
gambar tentang masa
remaja dan
berumah tangga
Menanya
·
Bertanya
dan berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang masa
remaja dan berumah tangga
Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·
Mengumpulkan data
lanjutan terkait dengan masa remaja dan berumah tangga
·
Bercerita tentang Pelepasan Agung Pangeran Siddharta
Mengasosiasi
·
Mengasosiasi
dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber
tertulis dan atau internet serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan
tentang masa remaja dan berumah tangga
Mengkomunikasikan
·
Menyampaikan
analisis dalam bentuk tulisan tentang masa
remaja dan berumah tangga
|
Observasi:
mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan membuat laporan.
Portofolio:
menilai laporan peserta didik tentang masa remaja dan berumah tangga
Tes:
menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan
mengidentifikasikan tentang masa remaja dan berumah tangga
|
8 x 4 jp
|
· Buku teks PAB kelas IV
· Kronologi Hidup Buddha
· Riwayat Agung Para Buddha
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
3.4. Memahami
empat peristiwa dan Pelepasan Agung
.
4.4. Menceriterakan empat peristiwa dan Pelepasan Agung.
|
Judul
Materi Pokok:
· Melihat empat peristiwa dan Pelepasan Agung
Pangeran Siddharta
|
Mengamati
·
Mengamati/melihat melalui berbagai sumberr tentang melihat
empat peristiwa, dan pelepasan Agung Pangeran Siddharta
Menanya
·
Bertanya
dan berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang empat peristiwa dan Pelepasan Agung
Pangeran Siddharta
Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·
Mengumpulkan data
lanjutan terkait dengan empat
peristiwa dan Pelepasan Agung Pangeran Siddharta
Mengasosiasi
·
Menganalisa informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet
serta sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang empat peristiwa dan Pelepasan Agung
Pangeran Siddharta
Mengkomunikasikan
·
Menyampaikan
analisis dalam bentuk tulisan/lisan/bentuk lainnya
tentang empat
peristiwa, dan Pelepasan Agung Pangeran Siddharta
|
Observasi:
mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan membuat laporan.
Portofolio:
menilai laporan peserta didik tentang empat
peristiwa dan Pelepasan Agung Pangeran Siddharta
Tes:
menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan
mengidentifikasikan tentang empat
peristiwa, dan Pelepasan Agung Pangeran Siddharta
|
9 x 4 jp
|
· Buku teks PAB Kelas IV
· Kronologi Hidup Buddha
· Riwayat Agung Para Buddha
· Gambar empat peristiwa yang dilihat Pangeran Siddharta
· Internet
|
SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI SD
Satuan
Pendidikan : SD
Kelas : V (Lima)
Kompetensi
Inti :
|
KI 1
|
:
|
Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
|
KI 2
|
:
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah
air
|
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
|
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis
dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
1.1.
Menerima
Hukum Kebenaran yang diajarkan Buddha
|
|
|
|
|
|
|
2.1. Memiliki
sifat kemurahan hati dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud kepedulian
sosial
|
|||||
|
3.1. Memahami hakikat dan perbedaan kehidupan menurut hukum
kebenaran
4.1. Menyajikan secara
konseptual perbedaan realita kehidupan menurut hukum kebenaran
|
Judul
Materi Pokok:
Hakikat
kehidupan menurut Hukum kebenaran
|
Mengamati
·
Memperhatikan
tampilan gambar dari berbagai sumber media
tentang hakikat dan perbedaan kehidupan menurut Hukum Kebenaran
Menanya
·
Mempertanyakan
untuk mendapatkan klarifikasi tentang hakikat dan
perbedaan menurut Hukum Kebenaran
Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·
Mengumpulkan data atau informasi lanjutan terkait dengan
hakikat dan perbedaan kehidupan menurut Hukum Kebenaran
·
Membuat
daftar perbedaan hukum yang dibuat manusia dengan Hukum Kebenaran
Mengasosiasi
·
Menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta
sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang hakikat dan perbedaan
sesuai Hukum Kebenaran
·
Mencari hubungan antara perbedaan-perbedaan kehidupan
manusia dengan sebab-sebab yang sesuai
Mengkomunikasikan
·
Menyampaikan hasil
analisis dalam bentuk tulisan atau bentuk lain tentang hakikat dan perbedaan
kehidupan sesuai dengan Hukum Kebenaran
|
Observasi:
mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan membuat laporan
Portofolio:
menilai laporan peserta didik tentang hakikat dan perbedaan kehidupan sesuai Hukum Kebenaran
Tes Tertulis:
menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan
tentang hakikat dan perbedaan kehidupan menurut Hukum Kebenaran
|
8 x 4 jp
|
· Buku teks PAB kelas V
· Buku Wacana Buddha Dharma
· Intisari Ajaran Buddha
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
3.2. Memahami hukum karma dan kelahiran kembali
4.2. Menyajikan fakta kehidupan sesuai dengan hukum karma
dan kelahiran kembali
|
Judul
Materi Pokok:
Hukum
Karma dan Kelahiran kembali
|
Mengamati
·
Mengamati
melalui berbagai sumber: membaca buku, tampilan gambar dan media lainnya tentang Hukum Kar
dan Hukum Kelahiran Kembali
Menanya
·
Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang Hukum Karma dan Hukum Kelahiran Kembali
Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·
Mengumpulkan data
dan informasi lanjutan terkait dengan Hukum Karma dan Hukum Kelahiran Kembali
·
Mempraktikan
cara-cara berdana
Mengasosiasi
·
Menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber
lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang Hukum Karma dan Hukum Kelahiran Kembali
Mengkomunikasikan
·
Menyampaikan hasil
analisis dalam bentuk tulisan tentang Hukum Karma dan Hukum Kelahiran Kembali
|
Observasi:
mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan membuat laporan
Portofolio:
menilai laporan peserta didik tentang Hukum Karma dan Hukum Kelahiran Kembali
Tes Tertulis:
menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan
tentang Hukum Karma dan Hukum Kelahiran Kembali
|
10 x 4 jp
|
· Buku teks PAB kelas V
· Buku Wacana Buddha Dharma
· Intisari Ajaran Buddha
· Internet
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
3.3. Memahami cara-cara berdana yang baik dan benar
4.3. Mempraktikan berdana paramita dengan cara-cara yang baik dan benar
|
· Cara-cara berdana
|
Mengamati
·
Memperhatikan
tampilan gambar dari berbagai sumber media
tentang cara-cara
berdana sesuai dengan ajaran Buddha
Menanya
·
Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang cara-cara berdana
Mengeksperimen/mengekplorasikan
·
Mengumpulkan data
lanjutan terkait dengan cara-cara
berdana
·
Mempraktikan
cara-cara berdana yang benar
Mengasosiasi
·
Menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta
sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang cara-cara berdana
Mengkomunikasikan
·
Menyampaikan hasil
analisis dalam bentuk tulisan tentang cara-cara berdana
|
Observasi:
mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan membuat laporan.
Portofolio:
menilai laporan peserta didik tentang cara-cara
berdana
Tes: menilai kemampuan peserta
didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang cara-cara berdana yang baik dan benar sesuai dengan ajaran Buddha
|
10 x 4 jp’
|
· Buku teks PAB kelas V
· Buku Wacana Buddha Dharma
· Buku Berdana
· Internet
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
3.4. Memahami masa bertapa dan ganguan mara
4.4. Menceriterakan masa bertapa dan dan ganguan mara
|
Judul
Materi Pokok:
Masa
bertapa dan gangguan mara
|
Mengamati
·
Mengamati melalui membaca/melihat/menyimak dari
berbagai sumber media
tentang masa bertapa/menyiksa
diri dan gangguan mara Pangeran Siddharta
Menanya
·
Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang masa menyiksa diri dan gangguan mara
Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·
Mengumpulkan data
lanjutan terkait dengan masa
menyiksa diri dan
gangguan mara
Mengasosiasi
·
Menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta
sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang masa menyiksa
diri dan gangguan mara.
Mengkomunikasikan
·
Menyampaikan hasil
analisis dalam bentuk tulisan tentang masa
menyiksa diri dan
gangguan mara
|
Observasi:
mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan membuat laporan
Portofolio:
menilai laporan peserta didik tentang masa bertapa/menyiksa
diri dan gangguan mara yang menggoda Pangeran Siiddharta
Tes: menilai kemampuan peserta
didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang masa menyiksa
diri dan gangguan mara.
|
8 x 4 jp
|
· Buku teks PAB kelas V
· Kronologi Hidup Buddha
· Riwayat Agung Para Buddha
· Riwayat Hidup Buddha Gotama
|
SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI SD
Satuan
Pendidikan : SD
Kelas : VI (Enam)
Kompetensi
Inti :
|
KI 1
|
:
|
Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
|
KI 2
|
:
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah
air
|
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
|
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis
dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
1.1.
Menerima
meditasi dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
2.1. Menunjukkan
perilaku luhur dan disiplin sebagai dasar untuk melatih meditasi
|
|||||
|
2.2. Meliliki sikap tenang dalam menghadapi persoalan
sebagai hasil pelaksanaan meditasi pernafasan dan cinta kasih
|
|||||
|
3.1. Memahami kisah perumpamaan tentang kisah “Rumah Terbakar, “Kembalinya Anak yang Hilang” dan Orang yang
Luka Terkena Panah Beracun
4.1. Menceritakan kisah perumpamaan tentang
kisah “Rumah Terbakar, “Kembalinya Anak yang Hilang” dan Orang yang
Luka Terkena Panah Beracun.
|
Judul
Materi Pokok:
Perumpamaan
populer
|
Mengamati
·
Menyimak
gambar-gambar tentang perumpamaan-perumpamaan
populer: rumah terbkar, kembalinya anak yang hilang, dan orang yang terluka
terkena anak panah beracun
Menanya
·
Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang perumpamaan-perumpamaan populer tentang
rumah terbkar, kembalinya anak yang hilang, dan orang yang terluka terkena
anak panah beracun
Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·
Mengumpulkan data
lanjutan terkait dengan perumpamaan-perumpamaan
populer rumah terbkar, kembalinya anak yang hilang, dan orang yang terluka
terkena anak panah beracun
Mengasosiasi
·
Mengasosiasikan
dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta
sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan perumpamaan-perumpamaan populer rumah
terbkar, kembalinya anak yang hilang, dan orang yang terluka terkena anak
panah beracun
Mengkomunikasikan
·
Menyampaikan
hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang perumpamaan-perumpamaan
populer rumah terbkar, kembalinya anak yang hilang, dan orang yang terluka
terkena anak panah beracun
|
Observasi:
mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan membuat laporan
Portofolio:
menilai laporan peserta didik tentang perumpamaan-perumpamaan, populer rumah
terbkar, kembalinya anak yang hilang, dan orang yang terluka terkena anak
panah beracun
Tes:
menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan
mengidentifikasikan tentang perumpamaan-perumpamaan,
populer
|
10 x 4 jp
|
· Buku teks PAB kelas VI
· Saddhar ma Pundarika Sutra
· Buku Dhamma sari
· Internet (jika tersedia)
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
3.2. Memahami keajaiban-keajaiban saat Petapa
Gotama mencapai Penerangan Sempurna dengan benar
4.2. Menceritakan keajaiban-keajaiban saat
Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna
|
Judul
Materi Pokok:
· Pencapaian Penerangan
sempurna
|
Mengamati
·
Menyimak
berbagai sumber tentang pencapaian
penerangan sempurna
Menanya
·
Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang pencapaian penerangan
sempurna Pangeran Siddharta
Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·
Mengumpulkan data
lanjutan terkait dengan pencapaian
Penerangan Sempurna Pangeran Siddharta
Mengasosiasi
·
Mengasosiasi
dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta
sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan pencapaian Penerangan
Sempurna
Mengkomunikasikan
·
Menyampaikan
hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang perumpamaan-perumpamaan,
populer, pencapaian penerangan sempurna, meditasi
pernapasan dan cinta kasih
,tujuan akhir umat Buddha, Sorga,
|
Observasi:
mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan membuat laporan.
Portofolio: menilai
laporan peserta didik tentang
, pencapaian penerangan sempurna
Tes:
menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan
mengidentifikasikan tentang pencapaian Penerangan
Sempurna,
|
8 x 4 jp
|
· Buku teks PAB kelas VI
· Kronologi Hidup Buddha
· Riwayat Hidup Buddha Gotama
· Internet
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
3.3. Memahami cara meditasi pernafasan dan cinta kasih
4.3. Melaksanakan meditasi pernafasan dan cinta kasih
|
Judul
Materi Pokok:
· Meditasi pernafasan dan cinta
kasih
|
Mengamati
·
Mengamati
melallui membaca dari berbagai sumber tentang meditasi pernapasan dan cinta kasih
Menanya
·
Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang meditasi
pernapasan dan cinta kasih
Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·
Mengumpulkan data
lanjutan terkait dengan meditasi pernapasan dan cinta kasih
·
Mempraktekan
meditasi pernapasan-cinta kasih
Mengasosiasi
·
Mengasosiasi
dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta
sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan meditasi pernapasan dan cinta kasih
Mengkomunikasikan
·
Menyampaikan
hasil analisis dalam bentuk tulisan/bentuk lainnya
tentang meditasi pernapasan dan cinta kasih
|
Observasi:
mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan membuat laporan
Portofolio:
menilai laporan peserta didik tentang meditasi pernapasan-cinta kasih
Tes: menilai kemampuan peserta
didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang meditasi
pernapasan-cinta kasih
|
9 x 4 jp
|
· Buku teks PAB kelas VI
· Buku Wacana Buddha Dharma
· Buku Metta Bhavana
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
3.4. Memahami tujuan
akhir umat Buddha
4.4. Menyajikan fakta contoh orang yang berperilaku untuk
mencapai tujuan akhir
|
Judul
Materi Pokok:
Tujuan
Akhir Umat Buddha
|
Mengamati
·
Menyimak dari
berabagai sumber tentang tujuan
akhir umat Buddha
Menanya
·
Bertanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang tujuan akhir umat Buddha
Mengeksperimen/mengekplorasikan:
·
Mengumpulkan data
lanjutan terkait dengan tujuan
akhir umat Buddha
Mengasosiasi
·
Mengasosiasi
dengan menganalisis informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta
sumber lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tujuan akhir umat Buddha
Mengkomunikasikan
·
Menyampaikan
hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang tujuan akhir umat Buddha
|
Observasi:
mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan membuat laporan.
Portofolio:
menilai laporan peserta didik tentang tujuan
akhir umat Buddha
Tes:
menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan
mengidentifikasikan tentang tujuan
akhir umat Buddha
|
4 x 4 jp
|
· Buku teks PAB kelas VI
· Buku Vacana Buddha Dharma
· Vijja Dhamma
· Skema 31 alam kehidupan
· Internet
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar